Analisis Film Pendek Oppressed Majority



Judul Film                  : Oppressed Majority
Durasi                         : 11 Menit (Film Pendek)
Negara                        : Perancis
Sutradara                   : Eleonore Pourriat
Penulis Naskah          : Eleonore Pourriat
Protagonis                  : Pierre
Antagonis                   : Sekelompok Wanita Pelaku Kekerasan Seksual
Tangga Dramatik      :
·         Set Up
Film dimulai dengan Pierre, karakter utama, berjalan di sepanjang jalan sedang mendorong kereta dorong. Adegan pertama ini bertujuan untuk berpikir bahwa film ini menyajikan beberapa bentuk masyarakat dimana pria dan wanita berbagi sama dalam tugas-tugas sehari-hari. Namun disadari bahwa film ini benar-benar menggambarkan dunia dimana peran dibalik antara pria dan wanita yang dimana wanita memegang kekuasaan dan kontrol dalam masyarakat.
·         Turning Point I
Pada perjalanan dengan kereta dorong kemudian naik sepeda, Pierre secara lisan dilecehkan oleh sejumlah wanita yang berbeda yang ia temui. Kemudian menjadi semakin agresif dan ekstrim, yang berpuncak pada serangan seksual kekerasan oleh sekelompok perempuan muda di sebuah gang.
·         Confrontation
Disaat pierre mulai terpojokkan atas tindakan tindakan pelecehan yang ditujukan kepadanya dan Pierre tidak mau dilecehkan lalu ia melawan dengan perkataan perkataan kepada wanita yang melecehkannya, sehingga terjadilah Serangan agresif yang menuju kepada kekerasan seksual kepada pierre yang dilakukan oleh kelompok wanita jalanan.
·         Turning Point II
Adegan kemudian beralih ke Pierre di kantor polisi melaporkan tindakan kekerasan seksual kepada polisi wanita yang tidak memiliki rasa hormat atau simpati kepadanya. Ketika Pierre mencoba untuk menegaskan atas tindakan kepada dirinya, polisi dengan cepat menuduh dia karena tidak mempunyai saksi mata atas kasus yang dilaporkannya.
·         Resolution
Istri pierre datang ke Kantor polisi menemui pierre dan meminta maaf karena kesibukkan dia di kantor namun di tengah perjalanan  pierre mengeluh karena tindakan seksualitas yang sering terjadi kepadanya dan sang istri memberi nasihat kepada pierre karena pakaian yang ia pakai menimbulkan ketertarikan wanita lain kepadanya.

TABEL KONFLIK
TOKOH
MOTIVASI
TUJUAN
KONFLIK
ACTION
Pierre
Tidak ingin menerima tindakan seksual feminim kepadanya.
Ingin menjalani hidup layaknya pria lainnya.
Pierre ingin menjalani kehidupan semestinya pria biasa namun diganggu oleh sekolompok wanita , pierre menolak dengan ucapan ucapan kotor kepada mereka sehingga mereka melakukan kekerasan seksual kepada pierre.
Menolak dengan ucapan keras kepada sekolompok wanita
Wanita Pelaku Kekerasan Wanita
Ingin mengganggu / melakukan kekerasan seksual kepada pierre baik secara verbal atau fisik.
Mendapatkan kepuasan diri.
Melakukan kekerasan seksual kepada pierre
Istri Pierre
Memberi pelajaran kepada pierre atas pakaian yang ia kenakan
Agar Pierre tidak mendapatkan kekerasan seksual yang terjadi kepadanya.
Memberi tahu kepada pierre atas pakaian yang ia pakai.


Kalian bisa menonton film pendek ini di Youtube : 

0 komentar:

Post a Comment

 

Kawan Baik

Tentang Saya

My photo
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Lahir di Pekalongan, dan sekarang masih menempuh Studi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Suka menonton film, berkarya dan membanggakan orang tua. Terimakasih.