Spesifikasi Minimum Hardware PC Untuk Bermain Game

Spesifikasi minimum hardware PC tentu sangat berpengaruh untuk penggunaan komputer itu sendiri, Apalagi buat kita-kita yang suka/hobi bermain Game, Jangan salahkan orang bermain game loh, dari Game ini orang dapat menjalankan Bisnis nya bahkan ada beberapa orang menganggap Game adalah Pekerjaan Utama, Nah loh, Game dapat menghasilkan uang, makanya dalam bermain game Tidak hanya mencari kesenangan semata, kita juga mencari untungnya! makasih bapak-bapak kita bahkan ibu-ibu yang sudah membuat game-game canggih jaman sekarang! hehe langsung aje lah gue kasih poin-poin penting dalam menentukan Spesifikasi Minimun Hardware PC yang tentunya harga pelajar, budget aman haha! :

Pertama, Processor

Seperti yang dikatakan Guru gue kalo Soal Processor itu adalah otaknya PC Kalo PC otaknya aja Lama Prosesnya gimana nanti pas Main Game? haha nah dalam Prosesor minimal 2.5 MHz Intel Dual Core atau AMD Athlon/Phenom X2 unlock to X3. Lebih tinggi sangat di anjurkan demi kenyamanan bermain game.

Kedua, Motherboard

Selanjutnya Motherboard, jika di translate kan Mother = Ibu , Board=Papan maka = Papan Ibu jadi motherboard Papan Ibu nya PC dong! -__- lupakan, seberapa penting motherboard pada komputer? sangat penting karena motherboard adalah alat pada komputer yang digunakan untuk mengoprasikan komputer selain itu motherboard adalah tempat dimana otak komputer berada, Untuk mewakili Motherboard ekonomis, saya anjurkan untuk menggunakan ECS motherboard. Harga yang terjangkau = kantong pelajar dan performanya yang selama ini cukup konsisten membuat gue memilihnya sebagai acuan dalam postingan ini. menurut mbah gugel AMD Llano ECS A75F-M2 adalah board paling murah yang bisa diperoleh saat ini. Sementara untuk platform AMD AM3, saya memilih ECS A880LM-M (chipset AMD760). Di sisi Intel, saya anjurkan untuk menggunakan chipset H61 (ECS H61H2-M2) yang harganya sangat terjangkau.

Ketiga, RAM

Untuk RAM gue anjurkan untuk menggunakan RAM 2 GB DDR3. Ukuran 2 GB memang tergolong pas-pasan. Akan tetapi kata temen-temen gue ini adalah kapasitas yang kerap digunakan dan masih mencukupi untuk menjalankan beragam game 3D terkini.

Keempat, HARDDISK
Kapasitas 500 GB memang tidak bisa dianggap besar. Akan tetapi, mengingat limitasi dana yang tersedia, gue anjurkan untuk menggunakannya. Kapasitas 500 GB sudah cukup besar untuk instalasi beberapa game terkini. Pastikan saja bahwa Anda memilih jenis hard disk yang mengutamakan performa, bukan konsumsi daya, karena hard disk yang cenderung mengutamakan konsumsi daya rendah akan memberikan performa rendah (loading game menjadi lambat). 

Kelima, VGA Card
Untuk sistem tanpa VGA terintegrasi, gue pake acuan NVIDIA GeForce GT430. Beragam fitur khas NVIDIA bisa dimanfaatkan dari VGA ini. Dukungan driver yang baik pun menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, tentu saja, harganya yang berkisar Rp600.000 membuatnya pas untuk sistem ini. Tentu saja, sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan pilihan lain seperti AMD Radeon 5570 yang memiliki performa serupa dengan NVIDIA GeForce GT430.

Keenam, HEATSINK / COOLER


Ini juga sangat penting, bermain game dengan mengetik pastinya sangat berbeda. Saat bermain game prosesor akan panas sekali bahkan bisa over. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus menggunakan pendingin modif, jangan menggunakan pendingin bawaan terutama bagi prosesor AMD.

Itu Sekedar Informasi buat Temen-temen dan juga para gamers, jika kamu ingin mengganti dengan spek yang lebih tinggi lagi itu lebih baik. Jika kamu adalah seorang gamer tentu tahu tentang penting nya spesifikasi komputer yang kita gunakan untuk bermain game. Semoga bermanfaat.. Happy Gaming !






5 komentar:

  1. wah tuh VGA jaman PURBAKALA ya???
    haiz >.<

    ReplyDelete
  2. @Lopely Wkawkak, sorry gan. ane juga Copas dari blog gue dulu, maklum pindahan.

    ReplyDelete
  3. trus aku blang WOOOOW gitu ? heleh.. komputer wes lewat le... saiki jamane handphone nokia 3315!!!!

    ReplyDelete
  4. Processor : Intel Core i7-990 Extreme Edition 3.46GHz
    Power Supply : 2500W Silverstone DA1200 Power Supply
    Graphic card : 3x nVIDIA GeForce GTX 285 8GB GDDR3 in SLI w/ PhysX
    Motherboard : Asus Rampage II Extreme Intel X58 Chipset
    Thermal Management : Red Liquid- Memory : 24GB Corsair XMS3 1333MHz
    Hard Disks : 8 x Western Digital Caviar Black 1TB 8600 RPM 64MB Cache SATA II
    RAID : RAID 5 Striping With Parity (requires 3 or more HDDs)
    Two Optical Drive : 4 x LG Super Multi Blue Blu-ray Disc Burner & HD DVD-ROM Drive
    Soundcard : Sound Blaster X-Fi Titanium Fatal1ty Champion Series
    Network Card : Bigfoot Networks Killer NIC M1
    Wireless Network Adapter : D-Link Xtreme N 802.11n DWA-552 PCI Adapter
    Speakers : Logitech Z-5500 Digital 5.1 THX- Headset : Razer Piranha Headset
    Webcam : Logitech QuickCam Ultra Vision
    Primary Display : SAMSUNG 305T Black 30 6ms DVI Widescreen LED Monitor
    Secondary Display : SAMSUNG 305T Black 30 6ms DVI Widescreen LED Monitor
    Keyboard : Razer Lycosa Gaming Keyboard
    Mouse : Razer DeathAdder Gaming Mouse
    Exterior Finish : Red Flamewerks Automotive Finish
    ChasissWindow and Lightning : Translucent Window Side Panel w/ White LED Lighting Bundle


    wi pangan PC ku..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas ilmu sanga bermanfaat.
    Jika anda berkenan silahkan kunjungi blog saya.
    Salam dari :DKI Komputer

    ReplyDelete

 

Kawan Baik

Tentang Saya

My photo
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Lahir di Pekalongan, dan sekarang masih menempuh Studi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Suka menonton film, berkarya dan membanggakan orang tua. Terimakasih.