Penyebab Komputer Menjadi Lambat (Lola)

Wolas Woles Ndasmu!!!

Komputer lambat, sering hang, tiba-tiba mati, skripsi, tugas sekolah, sampai keinginan buat ngajak main game/nonton sama ponakan , adek  lo jadi gagal. gimana tuh rasanya? yang pastinya kesel dong. pingin nendang,nge banting, tapi sayang komputer mahal, nah komputer mahal kok lola. hadeh. berikut Analisa Komputer menjadi lebih lambat/lola :


1. Terlalu banyak program atau software yang terinstal di Komputer.

Tanpa disadari banyaknya pogram/software yang kalian instal itu salah satu faktor Lamban nya komputer dalam bekerja. hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya kapasitas penyimpanan pada komputer untuk berbagai macam program yang telah Anda instal di komputer. Bayangkan jika kalian mempunyai tas dan disaat memasukkan barang-barang ternyata Tas lo udah full, masih aja tuh di sesel seselin, lambat laun tas elo juga bakalan rusak.

2. Penyebab yang kedua adalah adanya virus, spyware, dan juga malware yang terdapat pada komputer.

Ketika komputer elo terserang virus, spyware, dan juga malware. akan menjadi dampak buruk bagi sistem kekebalan komputer, -__- emang nya orang. Faktor ini juga dapat membuat turunnya kinerja komputer kita, nah elo bayangin deh ini juga kayak manusia yang lagi sakit, gimana? pikirin sendiri deh.

3. Sistem File ada yang hilang atau Corrupt.

Pada saat komputer kalian terkena virus spyware dan sebagainya alhasil kalian juga harus membersihkan virus yang ada di komputer dengan antivirus, file system yang terdetect virus secara tidak sengaja akan terhapus oleh antivirus tersebut.

4. Kapasitas RAM (Random Access Memory) kurang.

Kapasitas RAM pada umumnya sangat mempengaruhi cepat lambatnya suatu komputer, karena RAM merupakan media penyimpanan utama pada saat komputer sedang aktif. Ketika program yang kalian instal di komputer melebihi kapasitas RAM maka bisa dipsatikan komputer kalian akan mengalami penurunan performa atau lambat. 2013 RAM masih kurang, Beli Dong!

5. Kapasitas Harddisk kurang

Hardisk yang merupakan media penyimpanan setelah RAM, juga sangat berpengaruh akan kinerja komputer. Ketika hardisk Anda mengalami low space, error, terfragmentasi, bad sector dan sebagainya akan membuat performa komputer menurun.


6. Komponen yang terdapat dalam CPU mengalami Overheat.
Keadaan ini sering terjadi apabila kalian jarang mengecek dan membersihkan hardware kalian yang meliputi Hardisk, VGA Card, Prosesor, Power Supply, dan lain lain. Penyebab lambatnya komputer juga bisa terjadi karena debu atau kotoran yang menempel pada komponen-komponen PC, sehingga mengakibatkan hardware menjadi overheat. Saran nya sih harus rajin nge bersihin komponen-komponen hardware kurang lebih 2-3 bulan, tergantung pemakaian aja.
7. Security Program terlalu banyak pada komputer Anda.
Program antivirus, firewall, dan lain lain merupakan salah satu security program, memang komputer sangat memerlukan program seperti ini. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadari untuk mengisntal program antivirus dan firewall lebih dari 2 atau 3 program. Hal ini akan menyebabkan respon yang lambat pada sistem pertahanan komputer, karena mereka akan berjalan secara bersamaan. kata bapak ibu guru gue sih mendingan Instal 1 program anti virus aja, bisa-bisa crash(tumbukan) anti virus tersebut.

Sekian postingan dari gue, semoga bermanfaat dalam info teknologi komputer. semoga kalian makin sukses. terus semangat!


0 komentar:

Post a Comment

 

Kawan Baik

Tentang Saya

My photo
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Lahir di Pekalongan, dan sekarang masih menempuh Studi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Suka menonton film, berkarya dan membanggakan orang tua. Terimakasih.